WELCOME


0

bahasa pemprograman pascal

Kamis, 07 November 2013
Share this Article on :

bahasa pemprograman pascal

Dasar-dasar Pascal



Struktur Program Pascal


Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah judul program
(program heading) dan suatu blok program (program block) atau badan
program (body program). Blok program dibagi menjadi dua bagian, yaitu
bagian deklarasi (declaration part) dan bagian pernyataan (statement part).
Bagian Deklarasi dapat terdiri dari deklarasi label (labels declaration),
deklarasi konstanta (constants declaration), deklarasi tipe (type declaration),
deklarasi variabel (variables declaration), deklarasi prosedur (procedures
declaration) dan deklarasi fungsi (function declaration). Secara ringkas,
struktur suatu program Pascal dapat terdiri dari:
1. Judul Program
2. Blok Program
a. Bagian Deklarasi
Deklarasi label
Deklarasi konstanta
Deklarasi tipe
Deklarasi variabel
Deklarasi prosedur
Deklarasi fungsi
b. Bagian Pernyataan


Program Pascal Yang Paling Sederhana


Suatu program Pascal yang paling sederhana adalah program yang hanya
terdiri dari sebuah bagian pernyataan saja. Bagian pernyataan (statement
part) merupakan bagian yang terakhir dari suatu blok. Bagian ini diawali
dengan reserved word
suatu program Pascal yang paling sederhana dapat berbentuk :
Begin dan diakhiri dengan reserved word End. Jadi


Begin
End.


Blok statement harus diawali oleh kata
Begin dan diakhiri dengan kata End


yang ada titik dibelakangnya (
umum untuk suatu program biasanya adalah:
End.). Jangan lupa ya! Sedangkan format


Program …
Uses …
Var
… …
Begin
…statement…
End.


Kata program boleh ada, boleh tidak (optional). Gunanya untuk memberi
nama program saja. Lalu cobalah untuk mengetikkan statement berikut lalu
jalankan (Ctrl+F9):


Begin
writeln(‘Halo Dunia!’);
End.


Dalam kasus ini kita tidak menggunakan
di atas menghasilkan tulisan ‘Halo’ di layar. Jika terlalu cepat, tekan tombol
alt+F5. Kemudian tekan sembarang tombol untuk kembali ke editor Pascal.
uses dan var. Seharusnya program


Uses


Untuk apakah
menggunakan suatu
itu? Untuk lebih mudah, anggap saja library itu sejenis kotak yang di
dalamnya ada perintah-perintah yang kita butuhkan untuk program kita
nantinya, seperti
Pertanyaan lagi, mengapa program di atas tidak pakai uses? Karena
statement writeln adalah memakai library standar milik TP (unit system),
yang tidak perlu ditulis lagi.
Oh, ya. Bahasa Pascal bersifat
mempedulikan huruf besar atau kecil. Jadi terserah mau menulis kata
uses itu? Uses adalah sejenis istilah yang berarti kitalibrary (pustaka) tertentu. Lalu sekarang, apakah libraryclrscr, readkey, keypressed, readln, dsb.incase-sensitive yang artinya tidakBegin


dengan
jangan lupa, pada umumnya di akhir suatu perintah selalu diakhiri dengan
tanda titik koma (;).
begin atau BEGIN atau bahkan BeGiN. Tidak masalah koq. Dan


Penggunaan Write dan Writeln


Syntax write:
write(‘<kata>’);


Syntax writeln:
writeln(‘<kata>’);


Untuk lebih jelasnya, ketikkan perintah-perintah berikut ke editor Pascal
anda lalu jalankan (Ctrl+F9).


Uses crt;
begin
clrscr;
writeln(‘ini baris pertama’);
writeln(‘ini baris kedua’);
write(‘ini baris ketiga’);
write(‘ ini muncul disampingnya ‘);
writeln;
write(‘ini baris keempat’);
end.


Sudah tahukah apa kegunaannya dan apa bedanya? Yang pasti, perintah
write hanya menulis saja sedangkan perintah writeln menulis kemudian
memindahkan kursor ke baris berikutnya.


Variabel


Variabel bisa diibaratkan sebagai sebuah kantong yang bisa menyimpan
sesuatu. Dalam program yang meminta inputan ke user, maka inputannya
harus ditampung ke dalam kantong yang bernama variabel ini. Dan kantong
ini juga bisa diakses oleh statement program lainnya. Berikut ini adalah
berbagai macam tipe variabel.


Nama
Tipe
Range Type
Shortint -128 s/d 127 Integer
Byte 0 s/d 255 Integer
Integer -32768 s/d
32767
Integer
Word 0 s/d 65535 Integer
Longint -2146473648
s/d 2146473647
Integer
Real 2.9 e-39 s/d 1.7
e37
Pecahan
String s/d 255 huruf Non
numeric
Char 1 huruf saja Non
numeric


Tipe variabel di atas adalah tipe variabel yang paling sering digunakan.
Untuk tipe pecahan, masih ada tipe seperti
Silahkan pelajari sendiri di help yang tersedia (Ctrl+F1). Berikutnya adalah
cara pendeklarasian variabel. Variabel di deklarasikan di blok var. Contoh:
single, double, extended, dsb.


Var
umur : byte;
nama : string;


Untuk memberikan suatu nilai pada variabel, pada statement masukan
perintah:


<Nama_variabel> := <nilai>;


Contoh program:


Var
umur : byte;
sekolah : string;
begin
umur := 20;
sekolah := ‘iSTTS’;
writeln(‘Umurku ‘,umur,’ tahun’);
writeln(‘Aku bersekolah di ‘,sekolah);
end.


Jalankan dan lihat hasilnya! Lalu bagaimana jika kita ingin meminta inputan
dari user. Gunakan perintah
read atau readln. Contoh programnya:


Var
umur : byte;
sekolah : string;
begin
write(‘Umur saya berapa? ‘); readln(umur);
write(‘Sekolah saya di mana?’); readln(sekolah);
writeln(‘Umurku ‘,umur,’ tahun’);
writeln(‘Aku bersekolah di ‘,sekolah’);
readln;
end.


Jalankan! Jika masukkan inputan lalu tekan enter. Lalu karena pada
statement paling akhir program meminta readln. Itu artinya kita harus
menekan tombol enter untuk kembali ke editor.


Uses Crt


Crt merupakan suatu unit yang mempunyai beberapa perintah yang dapat
kita gunakan dalam hal pengolahan program berbasis teks. Beberapa
perintah atau syntax yang memakai library ini adalah:
1. Clrscr : untuk membersihkan layar.
2. Textcolor : memberi warna pada tulisan.
3. TextBackground : memberi warna pada latar belakang tulisan
tersebut.
4. GotoXY : memindahkan kursor ke posisi X,Y.
5. Sound, NoSound : membunyikan speaker dan menghentikannya.
6. Delay : menunda pemrosesan program beberapa waktu.
7. Textmode : mengubah besar karakter.
Contoh program :


Uses crt;
Begin
Clrscr;
Textcolor(14);
Textbackground(1);
Gotoxy(10,20);
Writeln(‘Tulisan kunig di atas biru!’)
{penggunaan Sound dan NoSound}
Sound(440); delay(1000); nosound;
End.


Daftar warna:
1: hitam
2: biru
3: cyan
4: merah
5: magenta
6: coklat
7: abu-abu terang
8: abu-abu gelap
9: biru muda
10: hijau muda
11: cyan muda
12: merah muda
13: magenta muda
14: kuning
15: putih


Perhitungan matematika


Suatu statement pada blok program bisa digunakan untuk menghitung
perhitungan matematika. Perhatikan program berikut:


Var
a,b,c : integer;
Begin
a:=1;
b:=5;
{penjumlahan}
c:=a+b;
writeln(c);
{pengurangan}
c:=b-a;
writeln(c);
{perkalian}
c:=a*b;
writeln(c);
{pembagian}
c:=b/a;
writeln(c);
End.


Div


Adalah pembagian yang selalu menghasilkan bilangan bulat (integer).
Contoh: c:=a div b;


Mod


adalah sisa dari pembagian modulo atau remainder yang selalu
menghasilkan integer.
Contoh: c:=a mod b;


Trunc


Pembulatan angka ke bawah. Misalnya angka 5.7 dibulatkan menjadi 5.
Contoh: trunc(c);


Round


Pembulatan ke nilai integer terdekat, misal 5.6 dibulatkan ke enam. 7.1
dibulatkan menjadi tujuh.
Contoh: round(c);
1.1.sejara pascal
Bahasa Pascal adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi pada segala tujuan, dirancang oleh Professor Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland. Nama pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, ahli matematik dan philosopi terkenal abad 17 dari Perancis
Ketika Pascal didesain, telah ada sekian banyak bahasa pemrograman, namun hanya sedikit yang digunakan secara luas: FORTRAN, C, Assembler, COBOL. Ide kunci dari bahasa baru ini adalah urutan, yang diatur melalui konsep tipe data yang sangat kuat, dan memerlukan deklarasi dan kontrol program yang terstruktur. Bahasa ini juga didesain untuk menjadi alat bantu pengajaran bagi siswa kelas pemrograman.
Kompiler Pascal dari Borland yang begitu terkenal diseluruh dunia, dikenal dengan nama Turbo Pascal, diperkenalkan pada tahun 1983, mengimplementasikan "Pascal User Manual and Report" oleh Jensen dan Wirth. Kompiler Turbo Pascal telah menjadi salah satu dari kompiler terlaris sepanjang masa, dan membuat bahasa ini sangat populer pada platform PC, dikarenakan keseimbangan antara kemudahan penggunaan dan kemampuan/kekuatan.
Turbo Pascal memperkenalkan suatu Integrated Development Environment (IDE) dimana Anda dapat mengedit code (dalam sebuah editor yang kompatibel dengan WordStar), menjalankan kompiler, melihat kesalahan yang ada, dan melompat kembali ke baris yang mengandung kesalahan tersebut. Hal ini mungkin kedengarannya sangat sepele pada dewasa ini, tapi pada masa sebelumnya Anda harus keluar dari editor, kembali ke DOS; menjalankan kompiler dari command-line, menuliskan nomor baris yang salah, membuka editor dan melompat ke baris tersebut.
Bahasa Pascal merupakan bahasapemrogrmam profesional juga merupakan sarana yang sangat ideal untuk mengembangkan program-program Pascal. Paket Turbo Pascal meliputi beberapa fasilitas pemrograman  yang saling berkaitan:
  • Versi dari bahasa Pascal yang cepat, cakap dan ampuh
  • Perpustakaan unit yang menyediakan sejumlah besar prosedur dan fungsi yang dapat Anda gunakan dalam berbagai program
  • Compiler yang menghasilkan program bahasa mesin yang cepat dari kode Pascal  Anda
  • Debuger yang memungkinkan Anda untuk menelusuri penampilan program baris demi baris, meneliti perubahan nilai  variabel dan ekspresi sewaktu penampilan berlangsung.
  • Fasilitas lingkungan pengembangan dalam bentuk menu yang memadukan elemen ini dalam memperlancar proses penyuntingan, pengujian dan penyempurnaan program Pascal.
  • Dukungan grafis dan animasi yang sangat profesional
 
1.2. Program
Secara umum yang disebut dengan program  adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan  suatu persoalan. Dengan demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan program, khususnya aspek-aspek yang menyangkut aturan-aturan penulisan program. Hal ini penting untuk dipelajari karena untuk satu bahasa dengan bahasa lain aturan ini berbeda. Dengan memahami aturan-aturan tersebut diharapkan program yang tersusun akan bisa dijalankan dengan baik dan memberikan hasil seperti yang diharapkan.
Untuk membantu memahami aliran nalar dan data dari sebuah program, seringkali kita harus menggunakan alat bantu yang berupa grafik atau simbol-simbol yang menggambarkan kegiatan-kegiatan yang ada pada sebuah program. Alat bantu ini disebut dengan bagan alir (flow chart)
 
 
1.3. Struktur Program Pascal
Program pascal adalah program yang terstruktur, ada aturan khusus  dalam penulusan program  pascal, secara umum, struktu program Pascal adalah seperti      berikut ini :
 
Program STUKTUR_PROGRAM;  { Nama Program }
Uses ......                                   {Deklarasi piranti}
Label                                         {Deklarasi label}
Conts                                         {Deklarasi konstanta}
Type                                          {Deklarasi tipe data}
Var                                             {Deklarasi Variabel }
Procedure SATU;                     
Begin
....
...
End;
 
Procedure DUA;
Begin
...
...
End;
Function KESATU;
Begin
....
....
End;
 
Begin { Awal Program Utama }
.
{Statemen-statemen program }
 
End.  {Akhir Program }
 
 
Program bisa diawali dengan nama program, diikuti dengan deklarasi piranti, deklarasi variabel dan sebagainya, deklarasi prosedur dan fungsi sama dengan deklarasi program utama. Artinya baik prosedur atau fungsi juga bisa mempunyai deklarasi label, konstanta dan lain-lain, yang berbeda dengan deklarasi yang diperuntukan bagi program utama.
 
 
1.4. Lingkungan Pascal
                Untuk menjalankan program Turbo Pacal dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya :
  1. Windows Explorer,
Jika Anda bekerja dalam Harddisk komputer Anda, setelah Program Turbo  Pascal ini di Install ke Drive C: Akan terdapat direktori bernama C:\TP, kemudian dengan menggunakan Windows Explorer, silahkan Anda masuk ke direktori tersebut:
1
 
Di dalam direktori TP akan terdapat beberapa subdirektori yaitu: Kompiler Turbo Pascal disimpan dalam subdirektori BIN, jika Anda akan menjalankan Turbo Pascal, maka Anda harus masuk dulu ke dalam sub direktori BIN, kemudian double click file tpx.exe atau Icon 
1
 
b. Command Prompt.
Jika Anda ingin menjalakan Turbo Pascal dari Command Prompt, Dari Windows Xp, pilih Start,All Program, Accessories, Command Prompt.
1
 
Dari jendela Command Prompt, ketik:
  1. CD\ 
  2. C:\>CD TP 
  3. C:\TP>CD BIN 
  4. C:\TP\BIN>TURBO 
Dari kedua cara tersebut kemudian akan ditampilkan layar pembuka Turbo Pascal  seperti berikut:
 
1
Gambar 1.1. Layar Pembuka Turbo Pascal
 
Dari layar di atas, terlihat beberapa pilihan menu dan fungsi tombol yang dapat Anda gunakan, berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai menu tersebut.
 
1.4.1. Menu  File
Untuk mengaktifkan menu FILE, dapat dilakukan dengan menggunakan mouse atau keyboard Jika menggunakan Mouse Anda tinggal meng-klik menu tersebut, tetapi jika dengan keyboard Anda harus menekan tombol Alt+F.
 
1
Gambar 1.2.  Submenu pada menu File
 
                Pilihan-pilihan yang ada pada menu ini adalah :
  • New
Pilihan ini digunakan untuk membuka jendela yang baru, dimana Anda dapat memakai jendela ini untuk menuliskan program yang baru. Program yang akan ditulis diberinama sebagai program yang baru dengan nama NONAME00.PAS. Nama ini bisa diubah pada saat program tersebut disimpan
  • Open (F3)
Pilihan ini digunakan untuk memanggil program dari dalam disk ke dalam jendela yang aktif.  Anda dapat menggunakan wildcard   Untuk menampilkan nama-nama program yang ada pada suatu disk. Setiap program yang berlainan akan ditempatkan pada jendela yang berlainan pula.
  • Save (F2)
Pilihan ini digunakan untuk menyimpan program yang ada dalam editor  ke dalam disk. Jika program tersebut masih bernama NONAME00.PAS, Turbo Pascal akan menanyakan Anda nama apa yang akan diberikan pada program yang akan disimpan tersebut. Pilihan ini mempunyai Hot-Key tombol F2.
  • Save as ....
Pilihan ini digunakan untuk menulis program menjadi berkas berkas yang baru  atau mengganti (overwrite) berkas yang sudah ada dalam disk. Jika nama yang Anda berikan sudah dalam dalam disk,  akan muncul pertanyaan verifikasi  penggantian nama
 
 
  • Save all
Pilihan ini digunakan untuk menyimpan semua program yang ada di dalam desktop tanpa membersihkan desktopnya.
 
  • Chang dir ....
Pilihan ini digunakan untuk dari satu direktori ke direktori yang lain.
 
  • Print
  • Pilihan ini digunakan untuk mencetak listing program dari program yang ada pada jendela yang aktif
 
  • Printer Setup
Digunakan untuk mengatur  jenis printer yang Anda gunakan untuk mencetak listing program Turbo Pascal. Setup standar yang digunakan adalah EPSON, Anda dapat mengubahkanya disesuikan dengan jenis printer yang Anda gunakan yang didukung oleh Turbo Pascal
 
  • DOS shell
Digunakan untuk keluar sementara dari Lingkungan Turbo Pascal menuju prompt DOS. Untuk kembali masuk ke-lingkungan Turbo Pascal  Anda tinggal mengetikan perintah EXIT. Pilihan ini sagat berguna terutama  jika Anda ingin menjalankan perintah-perintah dos, seperti FORMAT, DIR, DEL dan sebagainya tanpa meninggalkan Turbo Pascal.
 
  • Exit (Alt+X)
Pilihan ini digunakan untuk keluar dari Turbo Pascal dan kembali ke Prompt DOS pada direktori yang sedang Anda gunakan.
 
 1.4.2. Menu  Edit
                Pilihan-pilihan yang ada pada menu Edit terutama digunakan untuk meng-copy dan menghapus teks yang ada pada sebuah jendela dan dapat juga digunakan untuk meng-copy tekst dari satu jendela ke jendela lainnya.
1
Gambar 1.3. Pilihan pada menu Edit
 
 
  • Undo (Alt+Bksp)
Pilihan ini digunakan untuk membatalkan perubahan yang baru saja dilakukan
  • Redo
Pilihan ini merupakan kebalikan dari Undo, digunakan untuk membatalkan perubahan yang baru saja dilakukan oleh Undo.
  • Cut (Shift+Del)
Pilihan ini digunakan untuk menghapus teks yang sudah di tandai dan diletakan didalam clipboard (tempat penampungan  sementara dari teks)
  • Copy (Ctrl+Ins)
Pilihan  ini digunakan untuk meng-copy teks yang sudah ditandai ke dalam Clipboard
  • Paste (Shift+Ins)
Pilihan ini digunakan untuk  menyisipkan teks dari clipboard ke jendela yang dibuka.
  • Clear (Ctrl+Del)
Pilihan ini digunakan untuk menghapus teks yang sudah ditandai.
  • Show Clipboard
Pilihan ini digunakan untuk menampilkan isi clipboard
 
 
 
1.4.3. Menu Search
                Pilihan ini digunakan untuk mencari dan atau mengganti teks, mencari nama prosedur atau fungsi dan mencari lokasi kesalahan.
 
1
Gambar 1.4. Pilihan pada menu Search
  • Find
Pilihan ini digunakan untuk mencari suatu kata atau kalimat  dalam program. Pencarian bisa dilaksanakan dari posisi kursor  atau dari awal program dan bisa dilakukan secara mahu  (forward) atau mundur (backward)
  • Replace
Pilihan ini digunakan untuk mencari dan kemudian mengganti  kata atau kalimat dengan kata atau kalimat yang lain. Penggantian bisa dilakukan dengan terlebih dahulu menunggu konfirmasi dari pemakai atau bisa langsung diganti tanpa konfirmasi.
  • Search again
Pilihan ini digunakan untuk mencari kata atau teks  sama seperti kata atau kalimat yang terakhir dicari, sehingga pemakai tidak perlu memasukan lagi kata atau kalimat yang akan dicari.
  • Go to line number .....
Pilihan ini digunakan untuk memindah kursor pada posisi baris tertentu
  • Show last compiler error
Menampilkan  pesan kesalahan kompilasi
  • Find error
Mencari kesalahan
  • Find Procedure
Mencari nama prosedur
 
1.4.4. Menu Run
                Pilihan yang ada pada menu RUN digunakan untuk mengeksekusi program Anda, mereset program, melihat hasil eksekusi program dan lain-lain.
 
1
Gambar 1.5. Pilihan pada menu Run
 
  • Run (Ctrl+F9)
Digunakan untuk  mengeksekusi program. Pada saat pertama kali, eksekusi akan dimulai dari awal program. Tetapi jika kemudian ditekan tombol Ctrl+Break, maka dengan memilih pilihan ini lagi, eksekusi akan dimulai dari posisi dimana  eksekusi semula dihentikan.
 
 
  • Step Over (F8)
Pilihan ini digunakan untuk mengeksekusi program perbaris, tetapi jika ada prosedur dan fungsi maka akan dijalankan semuanya sekaligus tidak per-baris.
  • Trace into (F7)
Pilihan ini digunakan untuk mengeksekusi baris berikutnya jika ada pemanggilan ke suatu sub rutin, maka pelacakan akan dimulai dari awal subrutin tersebut dan juga akan memuat berkas-berkas include jika  dimungkinkan.
  • Goto cursor (F4)
Digunakan untuk melanjutkan eksekusi program dimulai sampai baris dimana kursor berada pada statemen yang bersifat unexecutable, misalnya spasi atau baris komentar, maka eksekusi akan dilanjutkan pada baris berikutnya yang bersifat executable.
  • Program  reset (Ctrl+F2)
Pilihan ini digunakan untuk mereset kondisi eksekusi program. Dengan kata lain, setelah pilihan ini dipilih dan program di eksekusi lagi, maka eksekusi akan dimulai lagi dari awal program.
  • Parameter ...
Pilihan ini digunakan untuk  menampilkan paramater yang dikirim oleh suatu program
 
1.4.5. Compiler
                Pilihan yang ada pada menu Compile  digunakan untuk mengatur bagaimana sebuah program dikompilasi.
 
1
Gambar 1.6. Pilihan pada menu Compile
 
  • Compile (Alt+F9)
Pilihan ini sebenarnya merupakan perintah. program yang berada dalam jendela yang aktif akan dikompilasi
  • Make (F9)
Pilihan ini digunakan untuk mengaktifkan built ini  Make. Jika berkas primer telah diberi nama, maka berkas ini  akan dikompilasi. Turbo Pascal akan memeriksa apakah berkas  tersebut berisi nama berkas lain. Pilihan ini sangat berguna jika terdapat beberapa program yang secara fisis terpisak tetapi secara logika merupakan satu kesatuan.
 
  • Build
Pilihan ini digunakan untuk mengkompilasi kembali semua berkas.
  • Destinantion  (memory)
Pilihan ini digunakan untuk memilih apakah hasil kompilasi akan disimpan dalam disk atau dalam memori.
  • Primary file
Digunakan untuk menyatakan bahwa berkas .PAS akan dikompilasi pada saat Make (F9) atau Build diaktifkan
  • Clear Primary file
Digunakan untuk menghilangkan atau membersihkan berkas .PAS akan dikompilasi pada saat Make (F9) atau Build diaktifkan
  • Information
Digunakan untuk menampilkan Informasi mengenai file yang sedang di kompilasi
 
1.4.6. Debug
                Pilihan yang ada pada menu debug  terutama digunakan untuk melacak nilai-nilai perubah, mencari letak suatu fungsi atau rposedur dan lain-lain, Anda akan sering mempergunakan menu ini, jika Anda sudah mengerjakan  program yang berhubungan dengan memory dan register.
 
1
Gambar 1.7. Pilihan pada menu Debug
 
1.4.7. Tools
                Pilihan yang ada pada menu Tools terutama digunakan untuk menampilkan pesan yang dikeluarkan oleh compiler
 
1
Gambar 1.8. Pilihan pada menu Tools
 
1.4.8. Options
                Pilihan yang ada pada menu Option terutama digunakan untuk mengatur konfigurasi Turbo Pascal untuk mengoptimalkan fasilitas-fasilitas yang disediakan.
 
1
Gambar 1.9. Pilihan pada menu Options
 
1.4.9. Windows
                Pilihan yang ada pada menu Windows terutama digunakan untuk memilih atau mengaktifkan jendela-jendela tertentu,  mengatur posisi jendela dan lain-lain.
1
Gambar 1.10. Pilihan pada menu Windows
 
1.4.10. Help
                Pilihan yang ada pada menu Help terutama digunakan untuk menampilkan on-line-help menurut kategori pertolongan yang akan dilihat
1
Gambar 1.11. Pilihan pada menu Help
                                                                     
 
1.5. Free Pascal
Free Pascal adalah compiler Pascal tersedia dalam bentuk 32 dan 64 bit. Sistem operasi yang mendukung free pascal adalah Linux, FreeBSD, NetBSD, DOS, Win32, OS2, BeOS, SunOS (Solaris), QNX dan Classic Amiga, Anda dapat menggunakan dan mendownload Software FreePascal dari www.freepascal.org
 
1
 
Gambar 1.12. Jendela IDE Free Pascal
 
Menggunakan FreePascal, hampir sama dengan menggunakan Turbo Pascal, Integrated Development Environment sama persis dengan Turbo Pascal 7.0 .
 
 
1.6. Program Pascal
                Sebuah program Pascal yang paling sederhana adalah program yang hanya terdiri dari sebuah bagian pernyataan saja. Bagian pernyataan (Statement part) merupakan bagian yang terakhir dari suatu blok. Bagian ini diawali dengan kata cadangan (reserverd word) Begin dan diakhiri dengan kata cadangan End.  
beberapa contoh program pascal
Program Menghitung Jumlah Bilangan Perulangan FOR Dengan Nilai Statis
Skrip Program Pascal
Output Program
program jum_bil; 
uses wincrt;
var
i, jum,bil: integer;
begin
jum:=0; {inisialisasi}
for i:=1 to 5 do
begin
write(‘Masukkan Bilangan = ‘);readln(bil);
jum:=jum+bil;
end;
writeln(‘Jumlah Bilangan = ‘,jum);
end.
Masukkan Bilangan = 12 
Masukkan Bilangan = 12
Masukkan Bilangan = 12
Masukkan Bilangan = 12
Masukkan Bilangan = 12
Jumlah Bilangan = 60
Program Menghitung Jumlah Bilangan Perulangan FOR Dengan Nilai Dinamis
Skrip Program Pascal
Output Program
program jum_bil2; 
uses wincrt;
var
i, n: integer;
jum, bil: real;
begin
write(‘Banyak bilangan :  ’);read(n);
jum := 0;
For i:= 1 to n do
begin
write(‘Masukkan Bilangan ‘,i, ‘=’);read(bil);
jum := jum+bil;
end;
writeln(‘Jum = ‘,jum:0:2);
end.
Banyak bilangan : 3 
Masukkan Bilangan 1 = 12
Masukkan Bilangan 2 = 13
Masukkan Bilangan 3 = 14
Jum = 39.00
Program Menghitung Jumlah dan Mean Bilangan Perulangan FOR Dengan Nilai Dinamis
Skrip Program Pascal
Output Program
program contoh_3; 
uses wincrt;
var
n, i : integer;
rata : real;
jum, bil : integer;
begin
Write(‘Masukkan nilai N = ‘);readln(n);
writeln (‘Nilai N adalah= ‘,n);writeln;
for i := 1 to n do
begin
write(‘Masukkan bilangan : ‘);read(bil);
jum := jum+bil;
end;
rata := jum/n;writeln;
writeln(‘Jumlahnya adalah : ‘,jum);
writeln(‘Nilai rata-ratanya :’, rata:0:2);
end.
Masukkan nilai N = 3 
Nilai N adalah= 3
Masukkan bilangan: 1
Masukkan bilangan: 2
Masukkan bilangan: 3
Jumlahnya adalah : 6
Nilai rata-ratanya : 2.00
Program Menghitung Jumlah dan Banyaknya Data
Script Program Pascal
Output Program Pascal
program contoh4; 
uses wincrt;
var
n, i,byk,jum, bil : integer;
begin
Write(‘Masukkan nilai perulangan : ‘);readln(n);
Writeln;
for i := 1 to n do
begin
write(‘Bilangan ‘,i,’ = ‘);read(bil);
if bil >= 10 then
begin
byk := byk+1;
jum := jum+bil ;
end;
end;
writeln;
writeln(‘banyak bilangan yang >= 10 : ‘,byk);
writeln(‘jumlah bilangan yang >= 10 : ‘,jum);
end.
Masukkan nilai perulangan: 3 
Bilangan 1 = 10
Bilangan 2 = 3
Bilangan 3 = 25
Banyak bilangan yang >= 10 : 2
Jumlah bilangan yang >= 10 : 35
program pembuatan_record;
uses crt;
procedure garis;
begin
writeln(’==============================================’);
end;

type
reckaryawan=record
jab,nip,nama:string;
gol:integer;
gapok,tunj:real;
end;

var pegawai:reckaryawan;
total:real;

begin
clrscr;
writeln(’ LAPORAN PERHITUNGAN GAJI KARYAWAN PT MAJU TAK GENTAR’);
garis;
writeln;
write(’Masukan NIP Karyawan : ‘);readln(pegawai.nip);
write(’Masukan Nama Karyawan : ‘);readln(pegawai.nama);
write(’Golongan[1/2/3] : ‘);readln(pegawai.gol);
garis;
case pegawai.gol of
1:
begin
pegawai.jab:=’Staf dan Tetap’;
pegawai.gapok:=900000;
end;
2:
begin
pegawai.jab:=’Staf dan Kontrak’;
pegawai.gapok:=700000;
end;
3:
begin
pegawai.jab:=’Kontrak’;
pegawai.gapok:=500000;
end;
end;

if pegawai.jab=’Staf dan Tetap’ then
pegawai.tunj:=25/100*pegawai.gapok
else
if pegawai.jab=’Staf dan Kontrak’ then
pegawai.tunj:=10/100*pegawai.gapok
else
pegawai.tunj:=0;
total:=(pegawai.gapok)+(pegawai.tunj);

writeln(’Jabatan Karyawan : ‘,pegawai.jab);
writeln(’Gaji Pokok : ‘,pegawai.gapok:8:0);
writeln(’Tunjangan : ‘,pegawai.tunj:8:0);
garis;
writeln(’Total Gaji Karyawan : ‘,total:8:0);
readln;
end.

Program DataPegawai;
Uses Wincrt;
Type Pegawai = record
NIP       : String[9];
Nama      : String[50];
Golongan  : Char;
Jamkerja  : Real;
End;
Var
Data                 : Pegawai;
Gapok               : Real;
Insentif,Gaber    : Real;
Ul                    : Char;
Begin
  Repeat
    Clrscr;
    Writeln('Entry Data Pegawai PT. Punya gua');
    Writeln('==========================');
    Writeln;
    Write('NIP          : ');Readln(Data.NIP);
    Write('Nama         : ');Readln(Data.Nama);
    Write('Golongan     : ');Readln(Data.Golongan);
    Write('Jam Kerja    : ');Readln(Data.Jamkerja);
    Writeln;
    Writeln;
    Case Data.Golongan of
      '1'  : Gapok:=1000000;
      '2'  : Gapok:=1500000;
      '3'  : Gapok:=2000000;
      Else
        Gapok:=0;
    End;
 
    if Data.Jamkerja>200 then
      Insentif:=(Data.Jamkerja-200)*10000
    else
      Insentif:=0;
    Gaber:=Gapok+Insentif;
    Clrscr;
    Writeln('Laporan Gaji Pegawai');
    Writeln('PT. XYZ');
    Writeln;
    Writeln('============================================================================');
    Writeln('|NIP       | Nama                    | Golongan | Jam Kerja | Gaji         |');
    Writeln('============================================================================');
    Writeln('|',Data.NIP:10,'|',Data.Nama:25,'|',Data.Golongan:10,'|',Data.Jamkerja:11:0,'|',Gaber:14:2,'|');
    Writeln('============================================================================');
    Writeln;
    Write('Mau Ulang Lagi? [Y/T]: ');Readln(Ul);
  Until Upcase(Ul) <> 'Y';
End.
 

================================================================================
Program Gaji_Tunjangan_dan_Pajak;
{Menghitung jumlah gaji berdasarkan golongan, tunjangan anak dan istri, total gaji setelah pajak}
Uses wincrt;
var
nama,jab    : string[20];
noin        : string[10];
golgaj           : char;
stmerit, jmlanak : integer;
gaj,tjbini,tjanak,pajgaj,jmlpajgaj,jmltjgaj,tolgaj,tolgajstpaj : real;
Begin
     clrscr;
     Writeln ('=============================================');
     Writeln ('PERHITUNGAN GAJI DAN TUNJANGAN DAN PAJAK GAJI');
     Writeln ('=============================================');
     Writeln;     
     Writeln ('Isikan Data anda sesuai ketentuan berikut ini : ');
     Writeln ('----------------------------------------------- ');
     Writeln;
     Writeln ('Golongan Gaji :            Status Perkawinan : ');
     Writeln ('a. Rp. 2.000.000.00        1. Kawin ');
     Writeln ('b. Rp. 2.500.000.00        2. Belum kawin');
     Writeln ('c. Rp. 3.000.000.00        3. Cerai ');
     Writeln;
     Write ('Masukkan No karyawan          : ');readln (noin);
     Write ('Masukkan nama anda            : ');readln (nama);
     Write ('Masukkan Jabatan              : ');readln (jab);
     Write ('Masukkan Golongan gaji anda   : ');readln (golgaj);
           case golgaj of
           'a' : begin
                 gaj := 2000000;
                 pajgaj := (2/100);
                 Write ('Status Perkawinan anda : ');readln (stmerit);
                       case stmerit of
                       1 : begin
                           tjbini := (5/100)*gaj;
                           Write ('Jumlah anak         : ');readln (jmlanak);
                                 if jmlanak <= 3 then
                                 tjanak := jmlanak*((2/100)*gaj)
                                 else
                                 tjanak := 3*((2/100)*gaj);
                           end;
                       2 : begin
                           tjbini := 0;
                           tjanak := 0;
                           end;
                       3 : begin
                           tjbini := 0;
                           Write ('Jumlah anak         : ');readln (jmlanak);
                                 if jmlanak <= 3 then
                                 tjanak := jmlanak*((2/100)*gaj)
                                 else
                                 tjanak := 3*((2/100)*gaj);
                           end;
                       else
                           Writeln;
                           Writeln ('================================================================');
                           Writeln;
                           Writeln ('Tunjangan tidak terhitung karena tidak terinput dengan benar !!!');
                       end;
                 end;
           'b' : begin
                 gaj := 2500000;
                 pajgaj := (2.5/100);
                 Write ('Status Perkawinan anda : ');readln (stmerit);
                       case stmerit of
                       1 : begin
                           tjbini := (5/100)*gaj;
                           Write ('Jumlah anak         : ');readln (jmlanak);
                                 if jmlanak <= 3 then
                                 tjanak := jmlanak*((2/100)*gaj)
                                 else
                                 tjanak := 3*((2/100)*gaj);
                           end;
                       2 : begin
                           tjbini := 0;
                           tjanak := 0;
                           end;
                       3 : begin
                           tjbini := 0;
                           Write ('Jumlah anak         : ');readln (jmlanak);
                                 if jmlanak <= 3 then
                                 tjanak := jmlanak*((2/100)*gaj)
                                 else
                                 tjanak := 3*((2/100)*gaj);
                           end;
                       else
                           writeln;
                           Writeln ('================================================================');
                           Writeln;
                           Writeln ('Tunjangan tidak terhitung karena tidak terinput dengan benar !!!');
                       end;
                 end;
           'c' : begin
                 gaj := 3000000;
                 pajgaj := (3/100);
                 Write ('Status Perkawinan anda : ');readln (stmerit);
                       case stmerit of
                       1 : begin
                           tjbini := (5/100)*gaj;
                           Write ('Jumlah anak         : ');readln (jmlanak);
                                 if jmlanak <= 3 then
                                 tjanak := jmlanak*((2/100)*gaj)
                                 else
                                 tjanak := 3*((2/100)*gaj);
                           end;
                       2 : begin
                           tjbini := 0;
                           tjanak := 0;
                           end;
                       3 : begin
                           tjbini := 0;
                           Write ('Jumlah anak         : ');readln (jmlanak);
                                 if jmlanak <= 3 then
                                 tjanak := jmlanak*((2/100)*gaj)
                                 else
                                 tjanak := 3*((2/100)*gaj);
                           end;
                       else
                           writeln;
                           Writeln ('================================================================');
                           Writeln;
                           Writeln ('Tunjangan tidak terhitung karena tidak terinput dengan benar !!!');
                       end;
                 end;
           else
           Writeln;
           Writeln ('=======================================');
           Writeln;
           Writeln ('Maaf, Golongan Gaji tidak terdaftar !!!');
           Writeln;
           end;
     jmltjgaj   := tjbini+tjanak;
     tolgaj     := gaj+jmltjgaj;
     jmlpajgaj  := tolgaj*pajgaj;
     tolgajstpaj := tolgaj-jmlpajgaj;
     Writeln;
     Writeln ('SLIP GAJI -----------------------------------> ');
     Writeln;
     Writeln ('Nama         : ',nama);
     Writeln ('No Karyawan  : ',noin);
     Writeln ('Jabatan      : ',jab);
     Writeln ('+============================================+');
     Writeln ('| Rincian                    | Jumlah        | ');
     Writeln ('+============================================+');
     Writeln ('| Besar Gaji               : | Rp.',gaj:8:0,'   |');
     Writeln ('| Tunjangan istri          : | Rp.',tjbini:8:0,'   |');
     Writeln ('| Tunjangan anak           : | Rp.',tjanak:8:0,'   |');
     Writeln ('| Total gaji               : | Rp.',tolgaj:8:0,'   |');
     Writeln ('| Pajak gaji               : | Rp.',jmlpajgaj:8:0,'   |');
     Writeln ('+----------------------------+---------------+');
     Writeln ('| Total gaji setelah pajak : | Rp.',tolgajstpaj:8:0,'   |');
     Writeln ('+----------------------------+---------------+');
     Writeln ('Program by, w1r0');
     readln;
End.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Menu

Tombol Atas

About

Blogger news

1 Perhatian ... !

Terimakasih telah Download Template Windows 8 SM Versi 3, anda bisa menuliskan iklan Disini.

Blogroll

Recent Comments

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

designed by Abdou_dz. power by net4ar All right reserved © 2012

Juventus Torino Forget the rest we are the best

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts